Jumat, 26 Desember 2014

PERMAINAN YANG DAPAT MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA DAN MOTORIK HALUS


PERMAINAN TELEPON GELAS
by : Ratih Hardiyanti 

Tema                          : Alat Komunikasi
Sub Tema                   : Telepon
Alat permainan          : Membuat telepon gelas
Umur                          : 3-5 tahun
Alat                            :

1.      Gunting
2.      Lilin
3.      Korek Api
4.      Pentul
Bahan                         :



  1. Gelas Plastik 2 buah ( gunakan gelas plastik yang tembus pandang, karena dengan begitu gelas tersebut dapat dilukis sesuai dengan selera anak. Kegiatan melukis gelas plastik ini dapat mengembangkan motorik halus anak Sehingga permainan telepon gelas nantinya dapat mengembangkan aspek bahasa anak sekaligus motorik halus anak)
  2. Benang Jagung 2,5 m
Langkah-Langkah Pembuatan Media        :
          Disini perlu diketahui bahwa langkah-langkah pembuatan media dilakukan sendiri oleh guru bukan bersama dengan anak. Karena proses pembuatannya menggunakan bahan berbahaya bagi anak (contohnya saja membakar pentul dengan api).
          Disini kegiatan yang dilakukan anak hanya melukis gelas plastik dan bermain drama dengan telepon gelas bersama temannya dan guru.


1.   Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu, setelah itu lubangi di tengah-tengah tutup bagian bawah gelas dengan cara bakar pentul dengan api ± 10 detik.


2.  Kemudian lubangi gelas dengan pentul panas. Lakukan ini berulang-ulang hingga ukuran lubang mencapai diameter ± 1,5 mm.


3.  Kemudian perbesar ukuran lubang menggunakan gunting hingga ukuran lubang mencapai diameter ± 3 mm. Lakukan hal yang sama pada gelas yang satunya lagi.

4.     Kemudian masukkan benang jagung ke dalam lubang tadi. Namun sebelum itu benang jagung yang dimasukkan tidak hanya 1 helai saja tetapi masukkan  benang jagung ± 6 lapis agar benang jagung pada media tidak terlalu tipis dan tidak mudah putus saat dimainkan oleh anak.

5.   Setelah itu, ikat ujung benang yang ada di dalam kedua gelas pada potongan kayu kecil agar benang tertahan di dalam gelas dan tidak mudah tanggal dari gelas. Lakukan hal yang sama pada gelas kedua pada ujung benang yang kedua

6.      Jadilah telepon gelas sederhana yang dapat dimainkan oleh anak.
 

Langkah-Langkah Permainan                    :
Guru meminta anak untuk  memilih temannya sebagai rekan bicara. Mintalah masing-masing anak memegang gelas, kemudian bergerak menjauhi rekannya sampai benang terentang tegang. Lalu biarkan pasangan anak berbicara ditelepon dengan cara di saat anak yang satu berbicara maka pasangannya mendekatkan gelas  ketelinganya.
Misalnya :         Rita : ‘’hallo…dapat bicara dengan rina?’’
Rina :‘’iya ,ini rina?
Rita  : rina bagaimana kalau kita main boneka bersama?
Rina : ayo,,,,,,,,,,!
Disini guru juga bisa meminta anak untuk bermain peran sesuai dengan peran yang mereka inginkan, misalnya seperti ayah ibu, kakek nenek, pedagang dan pembeli.
Aspek Yang Dapat Dikembangkan                        :
1.      Aspek Bahasa
     Permainan dengan menggunakan media ini dapat melatih anak dalam berbicara dan berkomunikasi dapat membantu memperkaya perbendaharaan kata anak,  serta pendengaran anak juga terlatih.
2.     Aspek Sosial-emosional
Anak bermain bersama dengan temannya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar